Peluang BISNIS ONLINE

Minggu, 09 Desember 2012

Nilai Tambah Corporate Social Responsibility Dan Intellectual Capital: Perspektif Four Value Assessment

Oleh : Mirna Amirya
(Publikasi pada : Proceeding Seminar Nasional Akuntansi - Bisnis (SNAB) 2012, 27 Maret 2012, ISSN : 2252-3936)

ABSTRACT 
This paper describes the value added of corporate social responsibility (CSR) and intellectual capital (IC) viewed from the perspective of four value assessment. Four value assessment consists of economic performance, the value of reputation, parenting advantage, and spiritual values. The idea of CSR and IC stressed that the activities of the company not only economic activity, namely to create profits for business continuity, but also related to its responsibilities of social, environmental, spiritual, and intangible assets. This paper was conducted within the framework of literature study. Analysis and interpretation the value added of CSR and IC is done through the perspective of four value assessment. The results showed that based on the perspective of four value assessment, value-added of economic performance using the formula Economic Value Added (EVA) for CSR and Value Added Intellectual Capital (VAIC) for IC, the value of reputation using share prices and reputation quotient, parenting advantage using the company's strategy, and spiritual values using zakat value. Keywords: value added, corporate social responsibility, four value assessment, intellectual capital

PENDAHULUAN 
Informasi yang sering muncul saat ini adalah informasi tentang tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) dan Intellectual Capital (IC). Wacana tersebut muncul dilandasi pemikiran bahwa CSR terkait dengan keberadaan perusahaan yang tidak terlepas dari lingkungannya. Sedangkan pemikiran IC dipandang sebagai bagian integral dari perusahaan dalam proses penciptaan nilai (value creation) dan mempertahankan keunggulan kompetitif perusahaan (Bollen et al., 2005). Pada intinya, setiap tindakan yang diambil perusahaan berdampak nyata terhadap nilai perusahaan. Gagasan CSR dan IC menekankan bahwa kegiatan perusahaan bukan sekedar kegiatan ekonomi semata, yaitu menciptakan laba demi kelangsungan usaha, melainkan juga terkait tanggungjawabnya terhadap sosial dan lingkungan serta aset tidak berwujud perusahaan (sumber daya manusia, inovasi, pelanggan, maupun teknologi). Dasar pemikirannya adalah bahwa pemaksimalan laba tidak secara universal lagi diterima (Gray et al., 1995) serta menggantungkan semata-mata pada kesehatan finansial tidak menjamin perusahaan akan tumbuh secara berkelanjutan (Yuliana et al., 2008). Corporate Social Responsibility digambarkan sebagai ketersediaan informasi keuangan dan non-keuangan berkaitan dengan interaksi organisasi dengan lingkungan fisik dan sosialnya, yang dapat dibuat dalam laporan tahunan perusahaan atau laporan sosial terpisah (Yuliana et al., 2008). Corporate Social Responsibility merupakan kewajiban setiap organisasi bisnis atau perusahaan untuk . ... (baca_selengkapnya)

Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
HP. 08122353284
------------------------------- 
Butuh Artikel/Jurnal Lainnya ?, click di :
Kami memiliki beberapa Artikel/Jurnal tentang :
                                                   
“Peluang BISNIS ONLINE” secara Sederhana……MINAT?... coba lihat (click) dulu di http://formulabisnis.com/?id=ken_kanaidi
 
E:\K A N A I D I\Data\My Docu\aKEN\PENELITIAN\Call Paper\SNAB 2012_UTAMA\8. Akuntansi Sosial dan Lingkungan_ISSN 2252-3936